Ngomongin vespa pastinya ga jauh dari modifikasinya. Untuk mempercantik vespa biasanya para riders rela untuk menyisihkan uang untuk membeli pernak pernik aksesoris vespa kesayangannya. Jika para riders yang bener-bener sayang sama vespanya, biasanya mereka akan memburu dimana pun tempat mendapatkannya dan berapa pun harga yang di tawarkan mereka pasti rela mengeluarkan uang dan waktu mereka untuk mendapatkannya, apalagi jika aksesorisnya itu Limited Edition.

Aksesoris vespa itu jenisnya sangatlah beragam, dari kaca pelindung, speedometer, bar side chrome, velg, knalpot, spion dan lain-lain. Semua aksesoris memiliki harga dan kwalitas yang sangat berbeda-beda, ada yang original, langka dan pabrikan dari daerah masing-masing. Setiap aksesoris memiliki nilai dan harga yang berbeda-beda pula, semakin antik, langka dan original harganya juga tidak murah.

Pertama  contohnya knalpot Leo Vince untuk Vespa GTS/GTV 250 ini harganya berkisar Rp 5.000.000,-.  Walau bentuknya terlihat sederhana, tapi ada nilai tersendiri jika riders menggunakannya, dan mempunyai kebanggaan tersendiri.

 

 

Contoh yang kedua adalah Mirror Head, Stadium Style. Untuk harga satu buah kaca spion ini mencapai Rp 2.600.000,-. Mungkin bagi para riders yang awam dan baru ingin mempelajari dan membangun Vespanya, harga ini dapat membuat dompet riders terkuras. Dari bentuknya yang klasik dan tidak terlalu mengkilap membuat aksesoris ini terlihat seperti barang bekas yang tidak ada harganya, tapi berbeda cerita dengan para riders yang hobi dan cinta memodifikasi Vespanya. Barang seperti ni akan diburu dan dibeli walau harganya mahal.

 

Aksesoris Vespa yang satu ini biasa digunakan agar Vespa terlindung dari benturan dan goresan body, para riders terutama yang bergaya british biasanya menggunakan aksesoris ini pada Vespanya. Cowl Protectors  untuk Vespa P/PX, Genuine Stella, Cuppini – Chrome ini bisa mencapai $144.00, banyangkan angka tersebut jika di rupiahkan..? mungkin dengan membeli aksesoris tersebut sama seperti membeli 1 buah motor  lagi. Tapi nilai yang diberikan aksesoris tersebut tidaklah sebanding dengan kepuasan dan kebanggan riders Vespa yang sangat hobi memodifikasi.

 

Dibalik aksesoris yang mahal itu ada nilai istimewa yang terdapat, Vespa akan terlihat cantik, aman, dan mempunyai harga jual dan nilai yang tinggi. Bisa diperkirakan jika satu buah Vespa menggunakan hampir seluruh aksesoris seperti demikian, maka bisa saja Vespa tersebut disamakan dengan motor Vespa terbaru atau motor sport yang harganya tinggi juga.

Jadi, Vespa antik modifikasi yang bernilai tinggi atau motor jenis lain yang harganya memang sudah tinggi?

Tergantung bagaimana para raiders menilai dan merasakan tunggangannya..;)